Tips Menggunakan Koneksi Nirkabel WiFi atau 3G di Laptop

|

Dikota-kota besar sudah jamak terlihat orang menggunakan Laptop, terutama ditempat-tempat yang memiliki fasilitas Hotspot atau yang ter-cover koneksi 3G. Berbekal perangkat ini kita dapat melakukan koneksi internet nirkabel, yang secara simpel dapat dilakukan melalui perangkat WiFi dan 3G Modem. WiFi (Wireless Fidelity) adalah fasilitas pemancar internet berbasis komputer, sedangkan 3G merupakan fasilitas telekomunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk internet. Dari sisi jangkauan & keamanan, modem 3G jauh lebih baik daripada WiFi. Tapi dari sisi kestabilan & biaya (biasanya gratis), WiFi tetap lebih oke. Jadi kita dapat memilih koneksi yang paling cocok diantara keduanya.

Jika ingin menggunakan WiFi, maka Laptop harus sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi terintegrasi, yang rata-rata sudah dimiliki oleh Laptop generasi terbaru. Jika kita tidak memilikinya, bisa membeli perangkat WiFi eksternal dengan media PCMCIA atau USB port. Sedangkan penggunaan 3G harus melalui modem 3G, yaitu perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi dengan fasilitas ini. Perangkat tersebut dapat dibeli di operator telekomunikasi GSM, atau menggunakan HP 3G. Sama seperti WiFi, modem 3G biasanya menggunakan PCMCIA/Express card Slot atau USB port.

Beberapa tips dibawah mungkin bermanfaat untuk melakukan koneksi nirkabel :

1. Hafalkan istilah-istilah dibawah :

· WiFi : Fasilitas internet tanpa kabel yang ada di laptop/hp.

· 3G : Fasilitas telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk koneksi internet.

· Hotspot : Area dimana kita dapat melakukan koneksi WiFi.

· SSID (Service Set Identifier) : Nama (ID) sebuah jaringan WiFi yang kita temukan di Hotspot area. Saat mencoba koneksi , kita pasti menemukan SSID ini.

· Access Point : pemancar WiFi yang biasa dipasang disebuah tempat. Jika ada perangkat ini, maka area tersebut dinamakan Hotspot.

· GPRS, EDGE, WCDMA atau HSDPA : merupakan tipe koneksi internet yang tersedia pada jaringan telekomunikasi. Semakin ke-kanan semakin baik jaringannya, sehingga HSDPA merupakan koneksi yang paling oke.

2. Jika memilih Wifi, buka laptop lalu aktifkan WiFi. Jika kita menemukan sebuah nama SSID (Access Point), maka coba lakukan koneksi.

3. Pada saat bersamaan, bisa saja kita menemukan banyak pilihan SSID. Pilih salah satu yang paling kita kenal. Biasanya menggunakan nama familier seperti “TelkomHotspot”, “Indosat”, atau nama café/mal tempat kita nongkrong.

4. Jika koneksi tersebut gratis, biasanya kita langsung tersambung. Secara sederhana kita bisa masuk ke web simpel seperti www.yahoo.com atau www.kompas.com.

5. Jika tidak gratis, ketika membuka web akan tampil halaman Login & Password yang harus di-isi. Ini berarti kita harus membeli voucher/berlangganan untuk koneksi.

6. Jika koneksi terkunci (dengan icon gembok di SSID yang kita temukan), maka diperlukan izin tertentu untuk memasukinya. Koneksi seperti ini biasanya digunakan secara internal oleh institusi tertentu.

7. Pada saat menggunakan WiFi, sebaiknya kita tidak membuka Mobile Banking. Tempat terbuka sangat rentan terhadap “pembajakan”, sehingga kurang bijak jika melakukan transaksi di area tersebut. Jika terpaksa melakukannya, sebaiknya gunakan perangkat tambahan (seperti token bank Mandiri atau keyBCA) untuk mengacak password.

8. Jika kita melakukan koneksi secara rutin ditempat yang sama, sebaiknya buatlah sebuah profile Access Point tersebut. Ini agar ketika kita datang ketempat yang sama, akan langsung terkoneksi.

9. Jika Laptop mengalami masalah koneksi, ada beberapa hal yang perlu diketahui :

· Access Point atau koneksi internet sedang mengalami masalah.

· Sinyal WiFi yang diterima terlalu lemah. Perhatikan kekuatan sinyal (signal strength) pada aplikasi di Laptop.

· Kesalahan memasukkan Login atau password.

· Battere Laptop terlalu lemah, sehingga tidak “kuat” untuk menerima sinyal.

· Memasuki Hotspot yang dikunci atau sudah terkoneksi pada SSID lainnya.

· Problem aplikasi maupun hardware pada Laptop.

10. Pilihan lainnya, kita dapat menggunakan fasilitas 3G. Dengan sinyal yang baik, maka kita akan terkoneksi dengan nyaman dimanapun tanpa harus masuk ke area tertentu (terutama dikota-kota besar). Kelebihan 3G yang utama adalah faktor keamanan, dimana kita dapat melakukan transaksi online Mobile Banking tanpa kuatir. Selain itu, dengan 3G bandwidth yang didapatkan rata-rata jauh lebih baik daripada WiFi.

11. Penggunaan 3G hampir sama dengan WiFi, dimana kita hanya perlu mengaktifkan modem lalu melakukan koneksi dengan aplikasi yang tersedia. Sisanya, silahkan masuk ke dunia internet tanpa hambatan !

0 komentar: